Pengalaman mengikuti kelas literasi perpustakaan unsyiah

Perpustakaan merupakan ruangan yang memancarkan sumber informasi, pengetahuan, sekaligus wawasan.

 Namun pada zaman ini, canggihnya teknologi secara otomatis dapat memudahkan semua pekerjaan.

 Perpustakaan unsyiah merupakan salah satu perpustakaan yang telah berhasil menggunakan aplikasi teknologi digital. Uilis merupakan portal unsyiah yang digunakan mahasiswa untuk menemukan referensi yang di perlukan.
 Untuk dapat menggunakan aplikasi ini yang harus dilakukan yaitu membuka portal perpustakaan unsyiah dengan menggunakan link uilis.unsyiah.ac.id.
  link tersebut tentunya tidak lagi asing di kalangan mahasiswa. Yang mana pada portal ini terdapat dua bagian yaitu local content dan database elektronik yang dilanggan. Local content merupakan bagian yang tidak perlu di langgan sehingga dapat di unduh kapan saja.
Sedangkan database elektronik merupakan bagian yang dilanggan yang mana untuk menggunakannya harus dihubungkan terlebih dahulu dengan wifi unsyiah namun apabila berada di luar area kampus maka diperlukan akun proxy (vpn) agar dapat menghubungkannya dengan database yang kita langgan. Di local content sendiri banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan seperti OPAC, ETD, E-Journal, Google, OER.
1. Layanan OPAC bisa membantu mahasiswa dalam pencarian buku yang ingin dipinjam, layanan ini memudahkan mahasiswa menghemat waktu karena dengan OPAC ini dapat diketahui letak buku tanpa harus mencarinya di semua rak buku. OPAC juga menampilkan jumlah ketersediaan buku tertentu diperpustakaan, sehingga dapat diketahui apakah buku yang dicari masih tersedia atau tidak. Layanan OPAC ini juga dapat diakses melalui android. Selain OPAC sebagai layanan pencarian buku, OPAC juga dapat melayankan pengunjung/mahasiswa untuk dapat memperpanjang peminjaman buku sehingga terlepas dari denda, hal ini dikarenakan layanan tersebut tidak hanya bisa dilakukan diperpustakaan namun juga dapat dilakukan pada saat berada di rumah atau di tempat lainnya.
2. Layanan ETD (electronic theses and disertation) merupakan sebuah inovasi yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mempermudah dalam pengelolaan berkas-berkas dari tugas akhir mahasiswa. Aplikasi ini dikembangkan untuk menyimpan data-data karya ilmiah mahasiswa dalam bentuk digital baik itu skripsi, tesis, maupun disertasi. Layanan ini hanya diperbolehkan membacanya saja. Apabila diperlukan keseluruhan isi skripsi, tesis maupun disertasi perlu  meng - emailkan pemilik skripsi, tesis atau disertasi tersebut terlebih dahulu hingga mendapatkan persetujuan untuk dapat membaca keseluruhan isinya. Untuk dapat memperoleh skripsi, tesis ataupun disertasi dalam bentuk buku maka bisa dicetak di lantai 3 perpustakaan unsyiah.
3. E-Journal merupakan salah satu jurnal yang tersedia dalam bentuk elektronik yang dapat digunakan atau di akses dan juga bisa di download oleh pengguna. E-journal ini bisa di akses antar jurusan dan jurusan, fakultas dan fakultas, bahkan universitas dan universitas. E-journal berisi artikel ilmiah meliputi hasil riset ataupun non riset, review buku atau karya ilmiah atau prosiding. Layanan ini selalu ter-update setiap harinya serta informasinya sudah jelas siapa nama pengarang, jenis jurnalnya, jurnal fulltext dan abstrak serta alamat e-mail pengarang tercantum di dalam database sehingga memudahkan komunikasi antara si pembaca dengan pengarang jurnal tersebut.
4. Google, layanan ini rujukannya dari jurnal unsyiah dan dari semua layanan yang terdapat di portal perpustakaan unsyiah. Kalau misalnya kita ingin mencari suatu bahan atau topik maka kita harus mempersempit kata kuncinya.
5. OER, dimana aplikasi ini bisa melihat berbagai koleksi-koleksi yang di openkan oleh penulisnya. Ada isinya image, buku, dan lain sebagainya. Buku text nya dalam bahasa inggris dan kita bisa mengunduhnya.
Sedangkan database elektronik yang dilanggan meliputi: IEEE, Science direct, Springer Link, E-Resources.
1. IEEE ini biasanya di langgan oleh anak tekhnik.
2. Science direct biasanya dilanggan untuk membuat penelitian. Jadi kalau kita ingin menulis skripsi kita harus membuat penelitian terlebih dahulu kita bisa mengaksesnya di science direct.
3. Springer link dalam layanan ini terdapat penerbit-penerbit elektronik internasional yang terkenal di dunia.
Jadi science direct dan springer link itu sekarang yang paling banyak dilanggan oleh perpustakaan unsyiah. Karna ribuan atau belasan artikel bisa kita akses disini.
4. E-Resources layanan ini punya pustaka nasional. Di indonesia pusatnya di jakarta. Jadi semua orang bisa mengakses disini baik itu orang luar maupun berbeda universitas juga bisa mengaksesnya. Karna semakin banyak orang yang akses maka akan berdampak baik untuk perpustakaan unsyiah ini dan tetap bisa mempertahankan akreditasi A sampai di masa yang akan datang.
Demikianlah pengalaman dari saya. Mohon maaf bila banyak sekali kekurangan yang terdapat dalam pembuatan essay ini.
Harapan saya semoga kedepannya perpustakaan unsyiah bisa semakin maju dan semakin unggul di mata dunia.
Terimakasih.

Nama: Nabila Sari Yusuf
Npm: 1706101030037

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman mengikuti kelas literasi perpustakaan unsyiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel