PENJELASAN TENTANG NAFSU

                       بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan Nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang .segala puji beserta syukur kepada zat yang maha kuasa Allah swt dengan Rahmat dan Ni'matNYA kita menjalani hidup di Dunia yang sementara.
 Selawat dan salam kepada Baginda rasulullah saw yang telah membawa ummatnya ke jalan yang benar,sehingga kita tau mana jalan yang Haq dan bathil.
 Saya selaku penulis mohon  maaf atas kerungan karena saya Adalah hamba yang penuh dengan kesalahan,dan juga mohon do'a beserta dukungan agar saya giat dalam menulis dan belajar.
  Pada kesempatan kali ini saya akan menjelas kan tentang Nafsu serta pembagiannya.Andaikata ada kesalahan mohon diperbaiki sama sama.
              
         PENJELASAN TENTANG NAFSU

Sebagai mana Allah swt berfirman:
  • 1.  ياأيتها النفس المطمئنة ارجعى إلى ربك راضية مرضية  فادخلى فى عبادى وادخلى جنتى
 Artinya:hai jiwa yang mutmainnah kembali engkau kepada tuhanMu padahal engkau reza akan tuhanmu dan reza akan tuhanmu akan dikau maka masuk engkau didalam perhimpunan martabat hambaKu yang aku kasih akan dia dan masuk kedalam surgaku serta Ambya dan Auliya dan syuhada.

  • 2.فلا أقسم بالنفس اللوامة
   Artinya:tiada aku bersumpah dengan nafsu lawwamah

3. وما أبرئ نفس ان النفس لأمارة بالسوء إلا ما رحم ربى إن ربى غفور رحيم.

Dengan dalil diatas menunjukkan bahwa 
Nafsu terbagi tiga:
 1.Nafsu amarah
 2.Nafsu lawwamah
 3.Nafsu mutmainnah

 Nafsu amarah adalah: nafsu yang menyuruh  berbuat maksiat dan berbuat segala kejahatan yang tiada menyuruh kepada berbuat kebajikan dan juga tidak mencela perbuatan kejahatan.
inilah martabat nafsu yang paling rendah.

 Nafsu lawwamah Adalah: Nafsu yang mencela atas segala perbuatan kejahatan ,dan tidak senang atas perbuatan kemaksiatan yang hatinya suka kepada perbuatan kebaikan  tetapi masih Ada dalam hatinya maksiat yang bersifat Batin seperti 'Ujub dan riya.
Nafsu yang kedua inilah permulaan orang yang menjalani Thariqat.

 Nafsu mutmainnah Adalah: Nafsu yang telah tetap hatinya untuk selalu menjalani ibadat tiada pernah terlintas untuk berbuat kemaksiatan baik zahir ataupun batin dan juga tiada senang hatinya atas perbuatan kejahatan.

 inilah nafsu yang ketiga yang menjadi Akhir bagi orang menjalani thariqat dan jadi permulaan bagi orang 'Arif untuk sampai kepada Ma'rifat  TUHANNYA dengan ma'rifat yang sebenar benarnya.

 Syeh Qasem Al halubi mengatakan:Nafsu itu ada tujuh maratabat.
1.nafsu amarah
2.nafsu lawwamah
3.nafsu mulhamah
4.nafsu mutmainnah
5.nafsu radhiah
6.nafsu mardhiah
7.nafsu kamilah

 Adapun pengertian nya segala nafsu nafsu  tersebut itu terdapat dalam kitab sirus salikin(سير السالكين) juzuk 3 hlmn 9.

 Cara kita Agar terhindar dari nafsu amarah dan lawwamah Adalah dengan cara kita meperbanyakkan zikir ,baik zikir Yang di khususkan ataupun tidak.

Zikir yang di khususkan agar terhindar dari nafsu amarah dan lawwamah Adalah:
            "  ( الله الله الله  . لا اله إلا الله   .هو هو هو)"
Mudah mudahan  selamat dari nafsu yang bisa menyesat kan kita dalam kehidupan ini ,karena sesungguh nya musuh yang paling besar adalah hawa nafsu yang menjerumus kan kita pada kesesatan.

PENULIS.KHALIDI
SUMBER.KITAB SIRUS SALIKIN.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PENJELASAN TENTANG NAFSU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel