Sejarah singkat softlens Lensa Kontak


Sejarah singkat softlens Lensa Kontak

Di era jaman modern ini sering kita jumpai atau kita lihat berbagai macam jenis warna mata pada manusia yang begitu indah dan cantik, sehingga membuat kita keliru apakah mereka berketurunan jerman dan sebagainya, padahal mereka hanya memakai softlens atau lensa kontak untuk kecantikan.

Softlens adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu penglihatan sebagai pengganti kacamata, softlens biasanya dipasang pada kornea mata dan terbuat dari plastik yang mengandung air. Softlens perlu perawatan yang serius karena jika kotor akan menyebabkan iritasi pada mata bahkan menimbulkan penyakit serius.

Sejarah singkat di ciptakan softlens

Pada awalanya Softlens atau lensa kontak diciptakan untuk membantu memperjelas penglihatan bagi penderita kurang penglihatan pada mata. Pada tahun 1508 Leonardo Da Vinci dalam buku catatanya banyak ditemukan sketsa kacamata yang langsung dipakai pada bola mata. Kemudian Pada tahun 1888 cikal bakal softlens dibuat oleh Adolf Fick yang melakukan serangkaian uji coba membuat softlens dengan bahan dasar Glass-blown. Dan softlens tersebut diberi nama Adolf Gaston Eugen Fick dengan mempertimbangkan warna, ketebalan dan diameter. Sebelum dikenakan pada manusia softlens ini telah di uji cobakan pada kelinci kemudian dirinya sendiri lalu kepada sukarelawan. Sampai akhirnya di tahun yang sama Adolf Fick berhasil membuat softlens yang mendekati sempurna dan terjual lebih dari 10.000 pasang di Amerika Serikat di tahun 1935. Akhirnya di tahun 1960 softlens berkembang dan dibuat dengan bahan Hydrogel yang di temukan oleh ahli kimia dari Ceko bernama Otto Wichterle dan Drahoslav Lim. Mereka lalu mempublikasikan temuannya di Journal Nature dengan nama Hydrophilic Gels For Biological Use.

Inovasi lensa kontak ini tak berhenti sampai di sini saja, penyesuaian terhadap kebutuhan konsumen yang bermata normal dalam arti kata konsumen memakai lensa kontak sebagai penyempurna penampilan terus berlangsung. Sehingga banyak dari manusia telah menggunakan softlens ini untuk fashion atau menjadi gaya hidup terutama di kalangan perempuan. Warna lensa kontak kini tak hanya bening, tapi bisa warna-warni, berbagai warna yang sering kita lihat seperti biru, hijau, purple, hitam, coklat serta jingga. Softlens banyak diciptakan dalam berbagai warna tersebut agar menambah daya tarik bagi pemakai.

Manfaat dari penggunaan softlens

-Pertama softlens lebih bebas dan membuat anda leluasa dalam beraktifitas, karena tidak perlu melepas dan memasang kacamata.
-Kedua bisa meningkatkan daya tarik dan secara otomoatis anda akan merasa lebih Percaya diri.
-ketiga membuat mata lebih nyaman karena di gunakan nya dalam mata.
Kemudian anda juga harus tau Resiko yang terjadi jika kurang di siplin dan berhati² dalam pemakainya. Karena perawatan dan pemakaian nya sangat penting, harus menggukan tangan yang bersih saat memasangnya, Membawa perlengkapan softlens saat akan bepergian, Bagi kalian yang akan bepergian dan melakukan aktivitas diluar, biasakan untuk selalu membawa perlengkapan softlens seperti obat tetes mata, cairan, dan juga tempat softlens.

Demikian ulasan singkat softlens atau lensa kontak dan juga manfaat nya, semoga menjadi pengetahuan bagi semua membacanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah singkat softlens Lensa Kontak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel