Pohon Karet dan Manfaatnya


Pohon Karet dan Manfaatnya

Karet adalah polimer hidrokarbon yang terkandung pada lateks beberapa jenis tumbuhan.Sumber utama produksi karet dalam perdagangan internasional adalah para atau Hevea brasiliensis(suku Euphorbiaceae). Beberapa tumbuhan lain juga menghasilkan getah lateks dengan sifat yang sedikit berbeda dari karet, seperti anggota sukuara-araan (misalnya beringin), sawo-sawoan(misalnya getah perca dan sawo manila),Euphorbiaceae lainnya, serta dandelion.

Awal penemuan karet :

Karet diyakini dinamai oleh Joseph Priestley, yang pada 1770 adalah penemu pertama karet, dia menemukan lateks yang dikeringkan dapat menghapus tulisan pensil. Ketika karet dibawa ke Inggris, dia mengamati bahwa benda tersebut dapat menghapus tanda pensil di atas kertas. Ini adalah awal penamaan rubber dalam bahasa Inggris.

Di tempat asalnya, di Amerika Tengah dan Amerika Selatan, karet telah dikumpulkan sejak lama. Peradaban Mesoamerika menggunakan karet dari Castilla elastica. Di Amerika Tengah kuno orang-orang menggunakan bola karet dalam permainan mereka (lihat: permainan bola Mesoamerika). Menurut Bernal Diaz del Castillo, Conquistador Spanyolsangat kagum terhadap pantulan bola karet orang Aztek dan mengira bahwa bola tersebut dirasuki roh setan.
Di Brasil orang lokal membuat baju tahan air dari karet. Sebuah cerita menyatakan bahwa orang Eropa pertama yang kembali ke Portugal dari Brasil dengan membawa baju anti-air tersebut menyebabkan orang-orang terkejut sehingga ia dibawa ke pengadilan atas tuduhan melakukan ilmu gaib.

Pohon karet yang berusaha kurang lebih berumur 5 tahun sudah bisa di sadap, dan Hasil utama dari pohon karet adalah lateks yang dapat dijual atau diperdagangkan di masyarakat berupa lateks segar, slab/koagulasi, ataupun sit asap/sit angin. Selanjutnya produk-produk tersebut akan digunakan sebagai bahan baku pabrik Crumb Rubber/Karet Remah, yang
menghasilkan berbagai bahan baku untuk berbagai industri hilir, Yang dapat di perjual belikan.

Dibawah ini merupakan Manfaat dan berbagai hasil yang bisa di olah dari getah dan pohon karet.

Sangat banyak manfaat dan hasil yang terbuat dari pohon karet seperti bahan utama pembuatan Ban, beberapa Alat-alat kesehatan, pakaian seperti baju, sandal, sepatu, mainan bola, kalung dll, cukup banyak alat-alat yang terbuat dari karet seperti alat yang memerlukan kelenturan dan tahan goncangan. Ada juga terdapat dibeberapa tempat salah satunya Perkebunan karet di Jember biji karet bisa dijadikan camilan dengan proses tetentu, rasanya gurih namun jangan berlebihan karena kadang membuat pusing kepala, biji karet juga dijadikan bibit yang bisa ditanam kembali.

Selain biji dan getah pohon karet, batang karet juga tak jarang di manfaatkan oleh manusia, untuk dijadikan kayu bakar dan bahkan di jadikan papan pembuatan tempat tinggal atau rumah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pohon Karet dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel