Penemu Black box atau kotak hitam pertama kali


Penemu Black box atau kotak hitam pertama kali

Black box atau kotak hitam dalam pesawat terbang.
Anda pasti sering mendengar nama benda tersebut dan ingin mengetahui apa itu black box atau kotak hitam serta apa sih fungsinya?

Berikut ini adalah penjelasan tentang black box atau kotak hitam. Pengertian black box adalah sebuah alat perekam data penerbangan yang digunakan untuk merekam sebuah data pada penerbangan (Flight Data Recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder; CVR) dalam pesawat terbang. Meskipun alat ini di sebut kotak hitam tetapi sebenarnya bukan berwarna hitam, namun benda ini berwarna orange terang supaya mudah di temukan jika terjadi kecelakan.

Awal mula di buat Black Box atau kotak hitam.
Dalam penerbangan pesawat terbang sering kali di temui kecelakaan atau ledakan pesawat yang tidak diketahui penyebab terjadinya kecelakaan tersebut, sehingga sulit untuk menjelaskan pertanyaan-pertanyaan baik dari pihak keluarga yang menjadi korban dalam sebuah kecelakaan pesawat terbang maupun awak media.

Masalah lain adalah ketika kekhawatiran pembicaraan para pilot selama penerbangan tersiar ke masyarakat umum yang disalahgunakan dan menyebar berita hoax.  Hal inilah yang membuat Dr.David Warren, seorang ahli ledakan,Pada awal tahun 1950,  membuat alat yang dapat merekam semua informasi sebelum terjadi kecelakaan.

Ide Pembuat Pertama Black Box atau kotak hitam

Idenya diambil dari sebuah alat tape recorder yang berukuran saku, dan disain dibuat di Australia, untuk dilanjutkan menjadi alat yang merekam semua arus komunikasi dalam penerbangan. Alat ini bisa merekam suara pilot dan semua data yang diterima dari 8 alat yang berbeda. Semua data ini bisa dipisah dan menghasilkan data yang akurat tentang penyebab kecelakaan. Alat ini kemudian dirancang untuk digunakan dalam perawatan dan pemeliharaan pesawat. Sehingga diketahui bagian mana yang mengalami tekanan sehingga terjadi nya kecelakaan, dibuatkan komputer khusus yang disambungkan ke perekam, dengan bantuan grafik, bisa dihasilkan gambar dari setiap kejadian.
Alat rekaman ini kemudian dimasukkan dalam kotak baja yang kuat untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat. Kotak ini kemudian dilapisi Asbes tahan api sehingga kabel-kabelnya tidak ikut rusak karena panas. Meskipun terjadi ledakan yang sangat kuat dan membuat pesawat hancur berkeping-keping alat ini tetap aman dan tidak mengalami kerusakan.

Fungsi dari Black box atau kotak hitam yaitu:

untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuacaselama penerbangan. Sehingga tidak menyebarkan berita hoax tentang terjadinya kecelakaan pesawat. Black box atau kotak hitam Tak hanya digunakan di pesawat penerbangan komersil, blackbox juga digunakan di pesawat lain seperti helikopter, militer dan lainnya.

Kelemahan dari black box adalah

Alat tersebut harus di temukan selama satu bulan setelah terjadi kecelakaan karena black box hanya bisa di pergunakan paling lama sekitar satu bulan setelah terjadi kecelakaan, dan akan memancarkan sinyal darurat setiap detik selama 30 hari sebelum baterai habis.
Demikian ulasan tentang Black box atau kotak hitam, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda juga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penemu Black box atau kotak hitam pertama kali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel