Pembuat Rokok Pertama Sekali di Dunia

Pembuat Rokok Pertama Sekali di Dunia
Pembuat Rokok Pertama Sekali di Dunia
Pembuat Rokok Pertama Sekali di DuniaRokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung yang lainnya.(Sumber:id.wikipedia.org)
Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya pesan tersebut sering diabaikan).(Sumber: id.wikipedia.org)
Penemu dan penghisap rokok pertama kali
Suku Maya serta Aztec yang pertama kali menghisap tembakau dalam acara ritual keagamaan. Jadi bisa dikatakan bahwa Penemu Rokok adalah Suku Maya dan Aztec. Tradisi menghisap tembakau juga dilakukan sebagai bentuk persahabatan oleh mereka.(sumber :www.penemu.co)
Hal ini diketahui dari gambar-gambar yang terdapat di kuil-kuil bangsa Maya dan Aztec yang menggambarkan seorang pendeta atau pemimpin keagamaan menghisap semacam rokok atau cerutu.(sumber :www.penemu.co)
Asal Mula Rokok
Banyak yang berpendapat bahwa kata 'Tembakau' berasal dari nama pulau di Amerika yang bernama pulau Tobago. Hal ini didasarkan pada kesaksian para pelaut spanyol yang melakukan ekspedisi di Amerika Tengah pada bulan oktober 1492 yang dikenal dengan nama ekspedisi Colombus, tokoh yang dikenal sebagai penemu dari benua Amerika. Menurut cerita, ketika melakukan ekspedisinya, Colombus melihat warga lokal yang berasal dari suku Indian sedang merokok kemudian menawarkannya kepada Colombus dan kemudian mencobanya untuk 'merokok'. Colombus kemudian mengambil beberapa dauh tembakau tersebut kemudian membawanya pulang ke benua asalnya yaitu Eropa untuk diperkenalkan disana. Ada juga yang mengatakan bahwa kata Tobaco berasal dari istilah memutar daun besar yang dibuat untuk ritual yang kemudian dikenal dengan kata 'merokok'.(Sumber: kaskus.co.id)
Tahun ditemukannya Rokok
Di tahun 1960, Duta besar Perancis yang berada di Portugis mengirim tembakau kepada Ratu Catherine de Medicci, ia berpendapat bahwa tembakau dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan terutama sebagai obat sakit kepala. Hal inilah yang menyebabkan kemudian Ratu Catherine menyebarkan tentang tanaman tembakau keseluruh Perancis. (Sumber: kaskus.co.id)
Bagaimana rokok pertama kali muncul?
Tanaman tembakau dikenal sebagai tanaman farmasi atau obat pada awal abad 16, hingga kemudian menyebar ke wilayah jajahan Inggris yaitu Amerika pada awal abad 17. Kemudian pada tahun 1611 di Virginia, Amerika Serikat, terdapat sebuah perkebunan Tembakau yang dimiliki oleh seseorang bernama John Rolf. Benih tembakau ia dapatkan dari Trinidad dan Venezuela. Hingga kemudian usahanya berkembang dan ia berhasil mengekspor tembakau ke Inggris.(sumber : kaskus.co.id)
Bahaya Rokok
a. Kanker Paru
Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.(Sumber :linkedin.com)
b.Kanker Kandung Kemih
Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.(Sumber :linkedin.com)
c.Kanker Payudara
Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.(Sumber :linkedin.com)
d.Kanker Serviks
Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.(Sumber :linkedin.com)
e.Kanker Kerongkongan
Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.(Sumber :linkedin.com)
f.Kanker Pencernaan
Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).
g.Kanker Ginjal
Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.
h.Kanker Mulut
Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.
i.Kanker Tenggorokan
Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.
j.Serangan Jantung
Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.
k.Penyakit Jantung Koroner (PJK)
Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.
m.    Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).
n.Impotensi
Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.
o. Gangguan medis lainnya
Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembuat Rokok Pertama Sekali di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel