Pembuat Air Aqua Pertama


Pembuat Air Aqua Pertama
Pembuat Air Aqua Pertama 
Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yangg diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, singapura, dan Brunei.

Aqua adalah merek AMDK yangg penjualan terbesar di Indonesia, sehingga telah menjadi merek generik untuk AMDK. Dari anak-anak sampai org tua sering kita temui di pasar ketika berbelanja apa bila mereka kehausan ingin membeli air dlm kemasan dengan menyebut Aqua, meskipun tujuannya itu bukan kemasan merek aqua. Tanpa kita sadari bahwa air dalam kemasan aqua sangat dekat dan dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi aqua degan kepemilikan berbeda-beda, diantaranya 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi, 3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, dan pabrik di Berastagi, sumatera utara dimiliki oleh PT Tirta Sibaya Kindo.

Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki oleh perusahaan multinasional dalam bidang makanan dan minuman asal Prancis, Grup Danone, hasil dari penggabungan PT Aqua Golden Mississippi dengann Danone.

Sejarah Berdiri Nya Aqua

Aqua didirikan oleh Tirto Utomo, warga asli Wosobo jawa tengah, pada thn 1973. Lahir pada 9 maret 1930 meninggal 16 maret 1994 pada umur 64thn adalah pengusaha indonesia. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia adalah pendiri Aqua Golden Mississippi pada thn 1973. Sebelum meninggal Tirto bekerja sebagai pegawai Pertamina pd awal thn 1970-an dan pegawai Petronas pd awal dekade 1980-an. Ketika itu Tirto ,bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika isteri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengkonsumsi air yang tdak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamu nya yang berasal dari negara barat tdak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan. Sehingga pada saat itu timbul ide untuk mendirikan perusahaan AMDK yaitu Aqua, yang pada awalnya deberi nama puritas(Pure Artesian Water), namun terdengar asing di telinga orang indonesia sehingga Eulindra Lim yaitu seorang konsultan Tirto mengusulkan untuk mengganti nama dengann menggunakan nama Aqua. Karena cocok terhadap imej air minum dlm botol serta sangat mudah diucapkan dan di ingat. Tirto menyetujui untuk perubahan merek produknya dari puritas menjadi Aqua, pd bulan oktober 1974.

Produksi pertama Aqua diluncurkan dlm bntuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengann harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46per liter.

Awalnya org memandang aneh dengan ide Tirto untk menjual air minum dlm kemasan botol dengan harga tersebut. Namun Tirto yakin bahwa pada masa yang akan datang indonesia akan kekurangan air bersih yang siap untuk di minum, sehingga keinginan nya untuk menjual air minum dlm kemasan terus di lanjutkan tanpa menghiraukan pandangan aneh org terhadap nya. Dengan mendirikan pabrik air minum menggunakan mesin yang canggih di bekasi sehingga org asing yang ada di indonesia lebih mempercayai dan mereka meyakini bahwa air dalam kemasan lebih steril dan aman dari pada air tanah dan air PDAM,sehingga pada masa itu market Aqua adalah orang² asing yang ada di indonesia.

Tirto dan saudara²nya  mulai mempelajari cara memproses air minum dlm kemasan. Ia meminta adiknya Slamet Utomo untuk magang di polaris, sebuah perusahaan AMDK yang ketika itu telah beroperasi 16 thn di Thailand. Jadi tidak di herankan lagi apabila bentuk botol kaca, merek mesin pengolahan air, sampai mesin pencuci botol serta pengisi air menyerupai polaris.

Pada saat itu Aqua (air mineral) tsb dijual di terminal² Bus jakarta dan sekitar nya, yang pada awalnya dijual hanya untuk org asing, tetapi kemudian Tirto melihat pasar masyarakat indonesia juga memiliki potensi sehingga dia menjual air kemasan dlm bentuk ukuran kecil sehingga mudah untuk di perjual belikan. Aqua sangat di minati oleh para supir dan penumpang² Bus, serta masyarakat lainya.

Kesuksesan Aqua menarik beberapa perusahaan lain untuk membuat nama di air mineral nya dengan nama aqua.
Dari masa ke masa Aqua (air minum) kemasan pun sudah sangat pesat di masyarakat indonesia, sehingga meskipun orang² membeli air kemasan di pasaran bukan merek Aqua tetapi mereka sering menyebutnya ingin membeli Aqua. Itu adalah bukti bahwa aqua sangat diminati masyarakat karena  terjamin kualitas dan kemurnian nya.

Adapun beberapa pesaing utama Aqua yaitu:
PT. Parmargha dengan (Ades), PT. Santa Rosa dengan (Oasis), PT. Sinar Sosro dengan (air sosro), PT. Coca Cola amatil indonesia dengan (Bonaqa), dan masih bnyak juga pesaing² lainnya, meskipun sangat bnyak pesaing Aqua tetapi masyarakat indonesia tetap mengutamakan Air mineral dlm kemasan Aqua untuk di konsumsi karena sudah terbukti Aqua adlah air mineral terbaik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembuat Air Aqua Pertama "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel